Pages

Monday, January 25, 2010

Siapa Orang Yahudi Itu?

Nama : Virgo Tri Septo Anggoro
NIM : 01082201
Mata Kuliah : Yudaika
Pertanyaan tentang siapa orang Yahudi pasti akan dilemparkan oleh setiap orang yang belum pernah mengenal orang Yahudi. Demikian pula halnya dengan saya. Saya adalah orang yang belum pernah mengenal (secara langsung) sama sekali orang Yahudi. Namun, dalam tugas ini saya akan mencoba untuk menjawab menurut pengetahuan yang selama ini saya dapatkan. Orang Yahudi, sepengetahuan saya adalah orang yang sangat taat pada hukum Taurat. Mereka melaksanakan segala peraturan dan ketentuan serta perintah yang terdapat di dalamnya dengan ketat dan berusaha untuk tidak membuat cacat, artinya sesempurna mungkin. Orang Yahudi berusaha untuk melakukan Taurat dengan baik dan sempurna agar mereka menjadi suci dan berkenan di hadapan Allah. Namun terkadang mereka melakukannya dengan berlebihan hingga merasa lebih sempurna dibandingkan dengan orang lain dan merasa eksklusif. Akibatnya, seringkali orang Yahudi tidak disukai oleh orang lain atau masyarakat yang ada di sekitarnya. Selain itu, orang Yahudi adalah orang yang hidupnya teratur dan sistematis, hal ini (mungkin) disebabkan mereka melakukan hukum Taurat dengan sungguh-sungguh. Di zaman modern ini, orang Yahudi terkenal akan kecerdasannya, sebut saja Albert Einstein, salah satu orang Yahudi yang menjadi ilmuwan tersohor di dunia karena menemukan berbagai hal baru yang bermanfaat bagi ilmu pengetahuan modern. Kecerdasannya di atas rata-rata dan diakui di seluruh dunia. Menurut saya, mereka juga orang yang yang tidak kenal menyerah dan memliki jiwa nasionalisme tinggi. Hal ini terbukti bagaimana mereka berusaha merebut kembali tanah mereka (gerakan Zionisme) dari masyarakat yang telah lebih dulu mendiami tanah tersebut setelah mereka bersatu kembali dari terceraiberainya selama ratusan tahun.
Berbicara tentang kata Yahudi, yang terlintas di benak saya adalah peristiwa Holocaust yang terjadi di Jerman saat Hitler berkuasa. Peristiwa yang menjadi salah satu tragedi kemanusiaan yang terjadi di hampir paruh abad ke-20. Jutaan orang Yahudi dibunuh dengan cara yang sangat keji, mereka dimasukkan ke dalam kamp konsentrasi, setelah tenaga mereka diperas dan dirasa kurang berguna lagi, mereka dimasukkan ke dalam “kamar mandi” gas dan di sanalah mereka dibunuh dengan cara diberi gas beracun dan mematikan. Hal ini mungkin menjadi luka yang cukup dalam bagi bangsa Yahudi dan umat manusia lainnya, beruntung banyak yang lolos dari peristiwa Holocaust ini meskipun mereka menjadi difable selama sisa umur hidup mereka. Hal lain dalam benak saya mengenai hal yang berhubungan dengan kata Yahudi adalah Zionisme, sebuah gerakan yang ingin mempersatukan kembali bangsa Yahudi yang terceraiberai selama ratusan tahun akibat Yerusalem dihancurkan. Mereka ingin bersatu lagi seperti saat bangsa Israel masih Berjaya dan hidup di tanah yang sama yaitu Tanah Palestina.
Itulah sekelumit hal yang saya ketahui tentang siapa orang Yahudi dan hal yang berhubungan dengan kata Yahudi. Saya berharap melalui kuliah Yudaika ini, saya memperoleh pengetahuan yang baru mengenai seluk beluk Yudaisme dan segala pernak-perniknya.
Yogyakarta, 25 Januari 2010
Di tengah malam yang beringsut dingin
dan terdengar bunyi exhouse fan yang menderu dengan keras…

No comments:

Post a Comment