Pages

Tuesday, April 6, 2010

Pengalaman Menyiapkan Pelajaran Sekolah Minggu

Bagi seorang guru sekolah minggu, menyiapkan pelajaran untuk anak sekolah minggunya merupakan tugas dan dan tanggung jawab utama agar apa yang disampaikan kepada anak sekolah minggunya tepat serta sesuai tujuan. Namun, terkadang kita mengalami kesulitan dalam menyiapkan pelajaran tersebut, kita dituntut untuk kreatif dan memiliki sesuatu yang berbeda dalam menyampaikan pelajaran kepada anak. Dalam tulisan ini, saya akan menceritakan pengalaman yang saya alami dalam mempersiapkan pelajaran untuk adik-adik sekolah minggu saya.


Dalam menyiapkan pelajaran, terkadang saya mengalami kesulitan untuk mengolah materi pelajaran yang selalu sama dan adik-adik sudah hafal dengan alur ceritanya. Apalagi, saya harus menyamakan persepsi dengan hasil kesepakatan persiapan kelas yang seringkali kurang tepat dengan konteks kelas yang saya ajar sehingga saya kurang leluasa untuk menyampaikan isi pelajaran yang sesuai dengan kelas saya. Untuk menyiasati hal tersebut, saya selalu mencoba mendiskusikannya dengan rekan mengajar saya tentang isi pelajaran yang akan disampaikan. Selain mendiskusikan isi pelajaran, ada hal-hal lain yang perlu diperhatikan untuk menyiapkan suatu pelajaran bagi anak-anak. Menyiapkan pelajaran tidaklah semudah yang kita bayangkan, harus dipikirkan apa yang adik-adik terima nantinya, bagaimana penerapannya, aktivitas yang sesuai, dan hal-hal teknis lain yang diperlukan di lapangan. Saya sendiri, selalu berusaha mempersiapkan pelajaran jauh-jauh hari sebelumnya agar pelajaran tersebut benar-benar matang dan saat disampaikan kepada adik-adik sudah siap serta saya menguasai materi pelajaran dan tidak gugup. Waktu persiapan yang lama juga membantu saya untuk mencoba meresapai pelajaran yang akan saya sampaikan juga merefleksikannya, apakah saya sendiri secara pribadi sudah melakukan pokok-pokok pelajaran bagi adik-adik. Hal teknis yang selalu saya lakukan adalah menulis apa yang saya sampaikan di kelas, mulai dari salam pembuka, alur cerita, isi cerita, penerapan, dan ilustrasi yang mendukung cerita. Itu sangat membantu saya ketika menyampaikan cerita di kelas, saya tidak keluar dari cerita dan saya dapat menyampaikan cerita dengan runtut (meskipun terkadang jika gugup saya sedikit berbicara keluar dari cerita). Dengan tulisan yang saya buat sendiri, saya lebih siap dalam menyampaikan cerita dan saya lebih bisa memodifikasi alur cerita.

Demikian yang dapat saya sampaikan, saran saya kepada teman-teman GSM yang lain, penting sekali untuk mempunyai waktu mempersiapkan pelajaran lebih lama agar kita lebih siap dan bahan yang akan kita ajarkan lebih matang, sehingga adik-adik sekolah minggu kita dapat menangkap, mencerna dan menerapkan pelajaran yang kita sampaikan dengan baik. Selamat melayani, Tuhan Memberkati.

No comments:

Post a Comment